Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) dan anak sekolah merupakan hal yang sulit dipisahkan. Kebiasaan jajan pada anak sudah menjadi kebiasaan umum dan ditemui di berbagai tingkat sosial ekonomi masyarakat.

PJAS merupakan makanan yang banyak dikonsumsi oleh anak-anak usia sekolah, sehingga mempunyai kontribusi yang cukup besar dalam memenuhi kebutuhan gizi anak sekolah setiap harinya. Oleh karena itu, pengetahuan mengenai kandungan gizi PJAS diperlukan untuk mengetahui jumlah asupan gizi dari PJAS maupun untuk merencanakan jenis PJAS yang akan dikonsumsi.

Badan POM telah menyusun buku Informasi Kandungan Gizi dalam PJAS, yang memuat kandungan energi, zat gizi berbagai jenis PJAS. Nilai zat gizi yang tercantum bukan merupakan angka mutlak, namun merupakan acuan untuk mengetahui tinggi atau rendahnya kadar zat gizi suatu PJAS, karena nilainya dipengaruhi oleh berbagai hal, antara lain komposisi bahan, kualitas bahan yang digunakan dan cara pengolahannya. Agar dapat lebih menjawab kebutuhan pengguna akan akses informasi yang cepat dan praktis dan mempermudah penggunaan pedoman tersebut, maka Badan POM mengembangkannya dalam bentuk aplikasi yang diberi nama Ayo Cek Gizi Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS). Aplikasi “Ayo Cek Gizi PJAS” disediakan dalam dua versi yaitu versi Desktop dan Android.

Aplikasi Ayo Cek Gizi PJAS dapat digunakan untuk mengukur asupan zat gizi dari PJAS pada anak usia 6 sampai 13 tahun maupun untuk merencanakan konsumsi pangan yang baik untuk memenuhi kecukupan gizi. Data komposisi zat gizi yang disajikan dapat digunakan sebagai acuan untuk menilai kecukupan zat gizi yang diperoleh dari pangan yang dikonsumsi anak sekolah. Terdapat empat jenis PJAS, yaitu makanan sepinggan (makanan utama), cemilan / kudapan, minuman, dan buah-buahan. Data menu PJAS yang tersedia adalah 210 menu PJAS yang terdiri dari 87 jenis makanan sepinggan, 69 jenis cemilan, 19 jenis minuman, dan 35 jenis buah.

Kandungan gizi PJAS yang ditampilkan pada aplikasi ini merupakan total asupan zat gizi dan persentase Angka Kecukupan Gizi (AKG). Ditampilkan 11 komponen zat gizi yaitu energi, protein, lemak, karbohidrat, serat, air, kalsium, besi, natrium, vitamin A, dan vitamin C. Jika kandungan zat gizi bernilai “0”, berarti menu yang dikonsumsi tidak mengandung zat gizi tersebut. Tetapi jika tertulis “-“, artinya belum ada data pengujian untuk zat gizi tersebut.

Agar penggunaannya lebih luas maka aplikasi Ayo Cek Gizi PJAS dibuat dalam dua versi yaitu desktop dan smartphone android. Masyarakat dapat mengunduh melalui website http://klubpompi.pom.go.id dan bagi pengguna android dapat diunduh secara gratis di Play Store.

Menu aplikasi Ayo Cek Gizi PJAS sebagai berikut:

  1. Halaman Depan

Halaman depan berisi kolom input nama dan provinsi untuk dapat masuk ke dalam aplikasi. Terdapat juga tombol yang berguna untuk me-refresh aplikasi agar database dapat di-update.

  1. Halaman Menu

Halaman menu berisi pilihan menu yang dapat dipilih oleh pengguna, berupa Informasi PJAS, Status Gizi, Menu Harian, dan Riwayat Asupan Gizi. Selain daftar menu diatas terdapat juga tampilan jumlah kalori yang telah terpenuhi hari ini dan tips menu harian yang ditampilkan secara acak saat kita membuka halaman menu.

  1. Halaman Informasi PJAS

Halaman informasi PJAS berisi artikel tentang PJAS dan keamanan pangan, antara lain:

  • Pesan Gizi Seimbang
  • Angka Kecukupan Gizi
  • Manfaat Sarapan
  • Bacalah Label dengan Seksama
  • Ketahui Kandungan Gizi Pangan Olahan
  • Pada halaman ini terdapat tools untuk pencarian artikel menggunakan kata kunci.
  1. Halaman Status Gizi

Halaman status gizi dapat digunakan untuk memantau perkembangan status gizi anak. Halaman ini berisi tools untuk menghitung status gizi anak sesuai dengan Indeks Massa Tubuh (IMT) anak berdasarkan data yang dimasukkan. Pengguna diminta mengisi kolom tanggal lahir, tinggi badan (cm), berat badan (kg) dan jenis kelamin. Setelah kolom terisi dan data diproses, maka akan keluar tampilan status gizi anak. Terdapat empat status gizi anak yaitu kurus, normal, gemuk, dan obesitas. Jika status gizi anak yang ditampilkan adalah kurus, gemuk, atau obesitas, maka akan muncul rekomendasi berat badan ideal anak pada usia tersebut disertai dengan saran pola hidup yang baik untuk mencapai status gizi normal.

Sebagai contoh, apabila kita memasukkan data anak usia 10 tahun, jenis kelamin perempuan, tinggi badan 115 cm dan berat badan 27 Kg, maka akan keluar status gizi ‘anak gemuk’, serta saran “seharusnya berat ideal adalah 17.9 Kg sampai 25.1 Kg. Banyak makan sayur dan buah serta perbanyak aktivitas dan berolahraga. Untuk lebih jelas kamu bisa tanya dokter atau tenaga kesehatan”

  1. Halaman Menu Harian

Halaman menu harian terdiri dari dua menu yaitu:

  1. Masukkan Menu Pengguna dapat memasukkan menu PJAS yang akan dihitung kandungan gizinya. Satuan yang digunakan adalah dalam URT (Ukuran Rumah Tangga) atau porsi, gram, dan mililiter. Satuan URT yang dimaksud antara lain gelas, mangkok, piring, dan buah. Jumlah menu makanan PJAS dan satuannya akan terus dimutakhirkan sesuai data terbaru.
  2. Kandungan Gizi PJAS
    Pada menu ini akan ditampilkan perhitungan kandungan gizi PJAS dari jenis menu yang diinput.

Melalui menu ini, pengguna dapat mengetahui jumlah kalori dan nilai gizi makanan yang telah dikonsumsi selama satu hari. Sebagai contoh seorang anak yang dalam sehari telah mengonsumsi : bakso 1 piring, pastel 2 buah, es krim 100 g, maka dalam tabel kandungan gizi PJAS akan muncul jumlah energi 375.7 kkal dan persentase angka kecukupan gizi (AKG) sebesar 18.8%. Ini berarti bahwa jumlah energi anak yang telah tercukupi adalah 375.7 kkal, atau baru memenuhi 18.8 % dari total kecukupan energi satu hari, sehingga anak masih memerlukan asupan makanan lagi untuk dapat memenuhi 100% AKG yang dapat dipenuhi dari makan siang dan makan malam.

  1. Halaman Riwayat Asupan Gizi

Pada halaman ini terdapat record data untuk riwayat status gizi anak dan riwayat asupan gizi. Data yang ditampilkan adalah data yang diinput pada 6 hari terakhir.

  1. Halaman Tentang Kami

Halaman ini berisi penjelasan umum software Ayo Cek Gizi PJAS, terkait tujuan pengembangan software, peruntukkan software, keterbatasan software, dan himbauan kepada pengguna untuk memberikan penilaian (scoring) serta petunjuk tempat bertanya jika pengguna mengalami kesulitan dalam penggunaan software ini.

  1. Menu Saran

Pada halaman ini pengguna dapat mengirimkan pesan dan saran kepada Badan POM, dalam hal ini adalah Direktorat Standardisasi Produk Pangan (Standar Pangan). Pengguna harus memasukkan alamat e-mail, agar server dapat merespon saran atau pesan yang dikirim oleh pengguna dengan membalasnya melalui e-mail pengguna.

  1. Menu Up date

Software ini dilengkapi dengan data back end untuk melihat jumlah pengguna dan untuk melakukan update data. Software yang telah diunduh sebelumnya dapat di update dengan menekan tombol sinkronisasi data jika pengguna dalam keadaan online (terkoneksi dengan internet).

Aplikasi Ayo Cek Gizi PJAS diharapkan dapat menjadi acuan informasi nilai gizi PJAS yang menarik dan mudah digunakan oleh anak sekolah, orang tua, dan komunitas sekolah sehingga bermanfaat untuk perencanaan konsumsi pangan yang baik agar kebutuhan gizi anak dapat terpenuhi dan dapat mengukur asupan zat gizi dari PJAS.

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------