Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
e-standar pangan

Satu lagi aplikasi online diluncurkan oleh Direktorat Standardisasi Pangan Olahan. Aplikasi yang diluncurkan kali ini adalah Aplikasi e-Standar Pangan.

Aplikasi e-Standar Pangan adalah aplikasi online berbasis web yang disusun sebagai bentuk sistem elektronik dari pengajuan berkas permohonan izin penggunaan, proses verifikasi berkas permohonan, dan proses pengkajian BTP (perluasan kategori pangan), Bahan Baku, & Kategori Pangan. e-Standar Pangan akan diberlakukan bagi industri pangan mulai Februari 2019.

Sosialisasi e-Standar Pangan

Terkait hal tersebut, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan melaksanakan sosialisasi penggunaan Aplikasi Aplikasi e-Standar Pangan bagi para pelaku usaha di bidang pangan. Kegiatan Sosialiasi ini dibuka langsung oleh Plh. Direktur Standardisasi Pangan Olahan, Yusra Egayanti, S.Si, Apt., yang dihadiri 70 orang perwakilan dari pelaku usaha, perwakilan dari Balai POM Serang, perwakilan dari unit teknis Deputi 3, serta perwakilan dari unit standardisasi Deputi 1 dan Deputi 2. Dalam sambutannya, sekaligus membuka acara Sosialisasi Aplikasi e-Standar Pangan, beliau memberikan apresiasi kepada segenap kompenen yang terlibat hingga terlaksana kegiatan ini.

Sosialisasi e-Standar Pangan

Penerimaan permohonan izin penggunaan BTP, Bahan Baku, & Kategori Pangan merupakan salah satu jenis pelayanan publik di Direktorat Standardisasi Pangan Olahan. Saat ini proses pengajuan permohonan izin penggunaan tersebut masih dilakukan secara manual, dimana pemohon datang langsung ke Dit. SPO untuk menyerahkan berkas permohonan tertulis dengan melengkapi data-data yang dipersyaratkan pada formulir pengajuan. Mekanisme seperti ini dirasa masih kurang optimal. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik Direktorat Standardisasi Pangan Olahan, maka dibangunlah aplikasi e-Standar Pangan.

Sosialisasi e-Standar Pangan

Pada sosialisasi ini, dilakukan uji coba aplikasi oleh seluruh perwakilan pelaku usaha dipandu oleh tim teknis Direktorat Standardisasi Pangan Olahan. Para peserta sosialisasi melakukan proses pendaftaran akun, pengajuan permohonan, dan pengambilan surat jawaban pada aplikasi. Mereka mengapresiasi pembangunan aplikasi e-Standar Pangan dan menilai aplikasi ini mudah untuk dioperasikan. Pelaku busaha berharap dengan adanya aplikasi ini, lama waktu proses pengkajian izin penggunaan BTP (perluasan kategori pangan), Bahan Baku, & Kategori Pangan dapat dipercepat.

Sosialisasi e-Standar Pangan

Berita Terbaru

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, Pemerintah memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas dan menjamin penyediaan pelayanan publik sesuai dengan asas - asas umum...
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------