Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan Badan POM melakukan kegiatan Sosialisasi mengenai Susu Kental Manis (SKM) di Aula Gedung C Badan POM. Tema sosialisasi yang diangkat yaitu “Bijak Mengonsumsi Susu Kental Manis dan Produk Sejenis”.

Peserta sosialiasi terdiri dari perwakilan asosiasi dan dinas di DKI Jakarta antara lain Aisiyah DKI Jakarta, TP PKK DKI Jakarta, Salimah DKI Jakarta, PKK Kelurahan Johar Baru serta Dinas Kesehatan dan Suku Dinas Kesehatan di DKI Jakarta.

skm 1

Acara dibuka oleh Suratmono, Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan. Dalam sambutan tersebut disampaikan bahwa kegiatan sosialisasi maupun pembinaan atau penyuluhan merupakan salah satu kegiatan preventif dalam rangka menjamin keamanan pangan olahan.

skm 2

skm 3

“BPOM juga senantiasa melakukan pengawasan terhadap pangan olahan mulai dari tahap produksi sampai peredaran kepada pabrik sampai ke penjual. Susu Kental Manis (SKM) bisa dikonsumsi yaitu untuk topping namun bukan diminum sebagai susu. Fungsi SKM bukan sebagai susu segar. Dinas Kesehatan bisa mensosialisasikan kembali kepada ibu-ibu PKK mengenai SKM” jelas Suratmono.

skm 4

Setelah acara resmi dibuka, Mauizzati Purba, Direktur Standarisasi Pangan Olahan, dipandu oleh Ani Rohmaniyati, Kepala Subdirektorat Standar Mutu Pangan Olahan, menyampaikan materi paparan. Dalam sosialisasi ini dijelaskan tentang prinsip gizi seimbang, kebutuhan gizi anak, jenis produk susu serta perbandingannya, dan pengetahuan tentang pelabelan dan iklan SKM yang benar.

skm 5

Salah satu informasi menarik dalam sosialisasi ini yaitu SKM merupakan jenis susu yang berbeda dengan susu segar karena SKM tidak diperuntukan dalam bentuk minuman. SKM diperuntukan sebagai pelengkap sajian. Selain itu, ditegaskan pula bahwa pengaruh iklan dan label sangat besar bagi masyarakat sehingga harus diatur agar memberikan informasi yang benar kepada konsumen.

skm 6

skm 7

Peserta sangat antusias dengan sosialisasi terlihat dari diskusi yang diadakan setelah pemaparan. Salah satu peserta dari TP PKK mengapresiasi BPOM atas diselenggarakannya acara ini. “Kami berterimakasih kepada BPOM karena acara ini sangat bermanfaat, kami akan menyebarluaskan informasi ini kepada yang lainnya” ujar peserta tersebut. Dalam menentukan makanan, selain melihat harga dan kedaluwarsa, kita juga harus melihat informasi nilai gizi. Pilih sesuai kebutuhan dan bijaklah dalam memilih apa yang terbaik untuk kita.

skm 8

Berita Terbaru

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan Badan POM melakukan kegiatan Sosialisasi mengenai Susu Kental Manis (SKM) di Aula Gedung C Badan POM. Tema sosialisasi yang diangkat yaitu “Bijak Mengonsumsi...
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------