Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Sebagai rantai pangan terakhir yang langsung berhubungan dengan konsumen, kegiatan ritel di pasar tradisional berperan penting dalam menyediakan pangan yang aman bagi masyarakat.  Untuk memberikan jaminan keamanan terhadap produk pangan yang dijualnya, pasar tradisional hendaknya menerapkan cara-cara yang baik dan benar (best practices) dalam sistem usahanya.

Dengan disahkannya Peraturan Kepala Badan POM Nomor 5 Tahun 2015 Tentang Pedoman Cara Ritel Pangan Yang Baik di Pasar Tradisional, Direktorat Standardisasi Produk Pangan perlu melaksanakan sosialisasi pedoman tersebut. Pedoman dapat digunakan sebagai acuan dalam melakukan kegiatan ritel pangan di pasar tradisional, terutama berbagai macam tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk memperkecil risiko keamanan dan kerusakan pangan karena kesalahan dalam penanganan, pemajangan dan penyimpanannya.

Sosialisasi Ritel Pangan

Sosialisasi Ritel Pangan

Pada tahun 2016 telah dilakukan Penyusunan Media Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) Pedoman Ritel di Pasar Tradisional. Media KIE yang disusun berupa poster. Poster dipilih sebagai sarana sosialisasi yang cukup praktis dengan desain yang menarik sehingga memudahkan pengguna dalam memahami dan menerapkannya.

Kegiatan Sosialisasi Pedoman Ritel Pangan di Pasar Tradisional telah selesai dilaksanakan di kelima wilayah DKI Jakarta yaitu Jakarta Pusat (Pasar Baru Metro Atom, 6 April 2017), Jakarta Timur (Pasar Pramuka, 13 April 2017), Jakarta Selatan (Pasar Santa, 27 April 2017), Jakarta Barat (Pasar Tomang Barat, 4 Mei 2017), dan Jakarta Utara (Pasar Koja, 10 Mei 2017). Peserta sosialisasi sejumlah 243 orang yang terdiri atas pengelola pasar dan pedagang pasar.

Kegiatan ini mendapat sambutan yang baik dari PD Pasar Jaya selaku pengelola pasar-pasar yang ada di wilayah DKI Jakarta. Beberapa pertanyaan dari peserta terkait praktek keseharian di pasar tradisional menggambarkan bahwa permasalahan keamanan pangan di pasar tradisional harus mendapat perhatian serius.

sosialisasi ritel pangan2

Program serupa diharapkan dapat dilanjutkan oleh PD Pasar Jaya dengan memasukkan ke dalam program pembinaan revitalisasi pasar dan pembinaan pedagang pasar dalam bentuk pendampingan yang lebih intensif, serta bisa diintegrasikan dengan program dari Kementerian/Lembaga lainnya seperti Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Pertanian, dan Kementerian Kesehatan.

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------