Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Cara ritel pangan yang baik merupakan kegiatan pada tempat penjualan termasuk toko modern agar pangan yang diperdagangkan atau diperjualbelikan terjaga mutunya, aman dan layak dikonsumsi. Sebagai rantai pangan terakhir yang langsung berhubungan dengan konsumen, kegiatan ritel sangat penting dalam menyediakan pangan yang aman bagi masyarakat.

Badan POM telah mengesahkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.03.1.23.12.11.10569 Tahun 2011 Tentang Pedoman Cara Ritel Pangan Yang Baik. Namun demikian hingga saat ini masih banyak ditemui kasus yang menunjukkan belum dilaksanakannya Pedoman Cara Ritel Pangan Yang Baik di Toko Modern, baik yang sudah kedaluwarsa/rusak/Tanpa Izin Edar dan penempatan produk pangan tidak sesuai persyaratan keamanan dan mutu pangan.

Latar belakang diselenggarakannya sosialisasi adalah masih banyaknya temuan di ritel pangan terkait produk pangan olahan yang dijual yang tidak memenuhi persyaratan meliputi produk pangan yang sudah kedaluwarsa dan penempatan produk pangan tidak sesuai persyaratan keamanan dan mutu pangan; di samping itu grup ritel juga makin berkembang jumlahnya sehingga diperlukan sosialisasi untuk menjangkau pelaku usaha ritel secara lebih luas.

sosialisasi ritel toko modern

Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 22 September 2017 di Hotel Cordela Jakarta. Dalam kegiatan tersebut disampaikan pemaparan berupa regulasi terkait Cara Ritel Pangan Yang Baik, Penerapan Cara Ritel Pangan Yang Baik, serta penyampaian sharing pengalaman implementasi CRPB oleh wakil pelaku usaha ritel. Sosialisasi diikuti sebanyak 54 peserta yang terdiri atas perwakilan pelaku usaha ritel yang tergabung dalam APRINDO, Pemerintah Daerah (Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi DKI Jakarta dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi DKI Jakarta), Balai Besar POM di DKI Jakarta, Direktorat Inspeksi dan Sertifikasi Pangan serta Direktorat Standardisasi Produk Pangan Badan POM. Kegiatan ini mendapat apresiasi yang baik dari peserta yang terlihat dari partisipasi aktif selama kegiatan berlangsung. Perlu kerjasama antara Badan POM dengan Aprindo dan Pemerintah Daerah dalam penerapan Cara Ritel Pangan yang Baik. Perlu direvisi Perka tersebut untuk implementasi yang sukarela dan wajib.

Berita Terbaru

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan Badan POM melakukan kegiatan Sosialisasi mengenai Susu Kental Manis (SKM) di Aula Gedung C Badan POM. Tema sosialisasi yang diangkat yaitu “Bijak Mengonsumsi...
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------