Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Pada Tahun 2018, Badan POM melakukan perkuatan kinerja pengawasan obat dan makanan melalui Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan. Perpres tersebut mengatur penajaman tugas, fungsi, dan kewenangan Badan POM dalam rangka penguatan kelembagaan Badan POM. Penguatan kelembagaan difokuskan pada penguatan fungsi cegah tangkal, intelijen, dan penyidikan terhadap pelanggaran ketentuan peraturan perundang-undangan di bidang pengawasan obat dan makanan, melalui pembentukan Deputi Bidang Penindakan. Selain itu, terdapat penguatan fungsi Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) melalui pengembangan Inspektorat menjadi Inspektorat Utama.

Sebagai tindak lanjut Perpres tersebut, maka diterbitkan pula Peraturan Kepala Badan POM Nomor 26 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kerja Badan POM. Badan POM mengalami penataan organisasi termasuk di dalamnya yaitu Direktorat Standardisasi Produk Pangan. Penataan struktur organisasi (restrukturisasi) sangat penting dilakukan agar Badan POM dapat menjalankan tugas pengawasan obat dan makanan secara optimal di seluruh Indonesia. Dengan ditetapkannya Peraturan Kepala Badan POM tersebut, Direktorat Standardisasi Produk Pangan mengalami perubahan nama menjadi Direktorat Standardisasi Pangan Olahan. Selain itu, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan mendapatkan tambahan tugas fungsi terkait standardisasi kemasan pangan dan bahan berbahaya. 

restrukturisasi 2

Kamis 15 Februari 2018, Kepala Badan POM, Dr. Ir. Penny K. Lukito, MCP telah melantik 306 pejabat di Lingkungan Badan POM termasuk di antaranya adalah Dra. Mauizzati Purba, Apt., M.Kes sebagai Direktur Standardisasi Pangan Olahan bersama dengan 12 orang Pejabat Struktural Eselon III dan IV Direktorat Standardisasi Pangan Olahan di Aula Gedung C Badan POM.

restrukturisasi 3

Kepala Badan POM mengungkapkan rasa bangga dan apresiasinya kepada jajaran Badan POM, serta mengajak semua yang hadir untuk bersama membangun Badan POM. “Saya bangga terhadap Bapak dan Ibu sekalian. Saya bangga diberikan kesempatan oleh Tuhan YME untuk bersama-sama melakukan perubahan yang cukup besar di Badan POM sehingga kita bisa berperan yang terbaik bagi bangsa ini. Ini adalah tantangan besar sekali dan membutuhkan Badan POM yang besar, Badan POM yang betul-betul kerja”, ungkap Kepala Badan POM.

restrukturisasi 4

Berita Terbaru

Seminar Hari Pangan Sedunia tanggal 16 Oktober 2018 telah diselenggarakan dengan tema “Penjaminan Keamanan dan Mutu Pangan untuk Pencegahan Stunting. Pada seminar tersebut dilakukan peluncuran...
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------