Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Pada tahun 2018, Inspektur Utama Badan POM melakukan Survei Kepuasan Masyarakat (SKM) atas Unit Pelayanan Publik Di Lingkungan Badan POM (Pusat dan Balai). Survei dilakukan terhadap 13 (tiga belas) unit Pusat dan 31 (tiga puluh satu) Unit Pelaksana Teknis di Daerah yang memberikan layanan kepada masyarakat, salah satunya adalah di Direktorat Standardisasi Pangan Olahan.

Survei Kepuasan Masyarakat ini bertujuan untuk mengukur kepuasan masyarakat selaku penerima layanan publik Badan POM khususnya di Direktorat Standardisasi Pangan Olahan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Badan POM khususnya di Direktorat Standardisasi Pangan Olahan.

Menindaklanjuti rekomendasi Inspektorat Utama Badan POM terhadap hasil SKM pada Direktorat Stndardisasi Pangan Olahan, langkah-langkah yang telah dan akan dilakukan Direktorat Standardisasi Pangan Olahan untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik di di Direktorat Standardisasi Pangan Olahan diantaranya sebagai berikut:

 No  Rekomendasi dan/atau yang perlu diperbaiki   Program/ Kegiatan Penyelesaian
1 Unsur Persyaratan Pelayanan
  • Membuat informasi terkait persyaratan dalam mengajukan permohonan pengkajian keamanan, mutu, gizi, manfaat, dan label pangan olahan secara jelas dan mudah di mengerti berupa banner, leaflet, informasi di subsite Dit. SPO
  • Pembuatan banner dan informasi melalui subsite standardisasipangan.pom.go.id bulan Oktober 2018
  • Pembuatan leaflet: Maret 2019
  • Membuat formulir check list permohonan pengkajian keamanan, mutu, gizi, manfaat, dan label pangan olahan yang digunakan untuk memverifikasi berkas permohonan
Maret 2019
2

Unsur Sistem/ Mekanisme/ Prosedur Pelayanan

Mengadakan kegiatan sosialisasi persyaratan permohonan pengkajian keamanan, mutu, gizi, manfaat, dan label pangan olahan kepada stakeholder Agustus 2019
3 Unsur Waktu Pelayanan Membuat informasi terkait waktu pelayanan dalam mengajukan permohonan pengkajian keamanan, mutu, gizi, manfaat, dan label pangan olahan secara jelas dan mudah di mengerti berupa banner, leaflet, informasi di subsite Dit. SPO
  • Pembuatan banner dan informasi melalui subsite standardisasipangan.pom.go.id bulan Oktober 2018
  • Pembuatan leaflet: Maret 2019
4 Unsur Kesesuaian Produk Pelayanan Mengadakan kegiatan sosialisasi terkait prosedur dalam melakukan kajian terhadap permohonan pengkajian keamanan, mutu, gizi, manfaat, dan label pangan olahan kepada stakeholder Agustus - September 2019
5 Unsur Kompetensi Petugas
  • Melakukan kegiatan penyamaan persepsi antara petugas konsultasi dan verifkasi secara rutin
Maret dan September 2019
  • Melakukan evaluasi terhadap petugas verifikasi permohonan pengkajian keamanan, mutu, gizi, manfaat, dan label pangan olahan
Desember 2019
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------