Produk Standardisasi

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
Ijin Khusus PKGK

Alergi Susu Sapi

PKMK untuk pasien alergi protein susu sapiberbasis asam amino harus memenuhi ketentuan sebagai berikut :

  1. PKMK untuk pasien alergi protein susu sapi dalam bentuk cair, atau bubuk, atau bentuk lain yang sesuai.
  2. PKMK untuk pasien alergi protein susu sapi dapat digunakan sebagai makanan tambahan atau makanan pengganti, dengan memperhitungkan kebutuhan dan asupan gizi per hari.
  3. Persyaratan Mutu

a. Bahan

Semua bahan harus bersih, bermutu baik, aman dan sesuai untuk dikonsumsi bagi pasien alergi protein susu sapi. Produk harus memenuhi persyaratan mutu yang baku seperti warna, rasa dan bau.

Merupakan formula yang keseluruhan sumber protein berasal dari asam amino bebas dengan kriteria berat molekul paling besar sesuai dengan SNI 8484 tentang jenis senyawa gizi (nutrient compounds) yang dapat ditambahkan dalam pangan olahan.

b. Kandungan Gizi

Untuk produk yang diperuntukan bagi bayi usia 0-6 bulan, persyaratan kandungan gizi mengacu pada formula bayi, untuk bayi 6 – 12 bulan mengacu pada formula lanjutan dan bagi anak usia diatas 1 (satu) tahun mengacu pada formula pertumbuhan.

Jika diperuntukan sebagai MP-ASI atau produk lainnya, maka persyaratan kandungan gizi lainnya mengikuti ketentuan yang berlaku.

Jika diperlukan persyaratan tertentu pada formula bayi, formula lanjutan dan formula pertumbuhan dapat disesuaikan berdasarkan  pengkajian keamanan, mutu dan gizi pangan.

  1. Bahan Tambahan Pangan

Bahan Tambahan Pangan yang digunakan harus sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

  1. Pelabelan Nama Jenis

a. Nama Jenis

Nama jenis formula berbasis asam amino

  • Jika diperuntukkan bagi bayi 0-6 bulan maka nama jenisnya ”Formula bayi untuk Keperluan Medis Khusus Berbasis Asam Amino”;
  • Jika diperuntukkan bagi bayi 6-12 bulan maka nama jenisnya ”Formula Lanjutan untuk Keperluan Medis Khusus Berbasis Asam Amino”;
  • Jika diperuntukkan bagi anak diatas usia 1 (satu) tahun maka nama jenisnya ”Formula Pertumbuhan untuk Keperluan Medis Khusus berbasis Asam Amino”;
  • Jika diperuntukkan sebagai MP-ASI maka nama jenisnya ”MP-ASI untuk Keperluan Medis Khusus berbasis Asam Amino”; atau
  • Jika diperuntukkan sebagai produk lainnya maka nama jenisnya ”... (berisi nama jenis sesuai ketentuan yang berlaku) untuk Keperluan Medis Khusus berbasis Asam Amino”.

b. Peruntukan

bagi pasien alergi protein susu sapi, peruntukan usia:

    • Jika diperuntukkan bagi bayi usia 0-6 bulan maka ditambahkan keterangan peruntukan ”bayi usia 0-6 bulan yang alergi protein susu sapi”;
    • Jika diperuntukkan bagi bayi usia 6-12 bulan maka ditambahkan keterangan peruntukan ”bayi usia 6-12 bulan yang alergi protein susu sapi”; atau
    • Jika diperuntukan bagi anak diatas usia 1 (satu) tahun  maka ditambahkan keterangan peruntukan ”anak usia diatas 1 tahun yang alergi protein susu sapi”.

c. Informasi Nilai Gizi

  • Jika diperuntukan bagi bayi usia 0-6 bulan, maka pencantuman informasi nilai gizi mengikuti Formula Bayi;
  • Jika diperuntukan bagi bayi usia 6-12 bulan, maka pencantuman informasi nilai gizi mengikuti Formula Lanjutan;
  • Jika diperuntukan bayi anak diatas 1 tahun, maka pencantuman informasi nilai gizi mengikuti Formula Pertumbuhan; atau
  • Jika diperuntukan sebagai MP-ASI atau produk lainnya, maka pencantuman informasi nilai gizi mengikuti ketentuan yang berlaku.

d. Petunjuk Penyiapan

  • Jika masa simpan produk sangat dipengaruhi oleh kondisi penyimpanan khusus, maka kondisi penyimpanan khusus tersebut harus dituliskan pada label dalam bentuk petunjuk penyimpanan dan dicantumkan berdekatan dengan tanggal kedaluwarsa.
  • Label PKMK untuk pasien alergi susu sapi harus memuat penjelasan tentang tanda-tanda yang menunjukkan PKMK untuk pasien alergi susu sapi sudah tidak baik lagi, tidak boleh diberikan pada bayi/anak.

e. Informasi Lainnya

  • Jika diperuntukan bagi bayi usia 0-6 bulan, maka pencantuman informasi lainnya mengikuti Formula Bayi;
  • Jika diperuntukan bagi bayi usia 6-12 bulan, maka pencantuman informasi lainnya mengikuti Formula Lanjutan;
  • Jika diperuntukan bagi anak diatas 1 tahun, maka pencantuman informasi lainnya mengikuti Formula Pertumbuhan.
  • Jika diperuntukan sebagai MP-ASI atau produk lainnya, maka pencantuman informasi lainnya mengikuti ketentuan yang berlaku.

f. Peringatan mengenai bahaya penggunaan PKMK untuk pasien alergi susu sapijika dikonsumsi oleh bayi/anak yang tidak memiliki gangguan medis yang sesuai. Tulisan harus dicantumkan dengan jelas pada label dengan huruf tebal pada area terpisah dari tulisan, gambar atau informasi lain.

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------