Help Center

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
Questions
Topics

Permenkes 033 tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan hanya memuat ketentuan pokok saja seperti penggolongan BTP dalam 27 golongan dan jenis-jenis BTP pada setiap golongan tersebut. Untuk batas maksimum penggunaan BTP pada setiap kategori pangan tertulis dalam Peraturan Kepala Badan POM tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan.

Was this helpful?

Satu tahun, Permenkes 033 diundangkan tanggal 27 Juli 2012, sehingga pangan yang beredar harus menyesuaikan Peraturan ini paling lama satu tahun sejak diundangkan Peraturan tersebut (batas akhir sampai dengan 27 Juli 2013).

Was this helpful?

Selain BTP yang diatur dalam Permenkes 033 tahun 2012 tentang BTP belum dapat digunakan, akan tetapi dapat melalui mekanisme pengkajian terlebih dahulu.

Was this helpful?

Metanil Yellow dan Rhodamin B merupakan pewarna tekstil dan tidak termasuk bahan tambahan pangan. Kedua zat ini tidak diatur lagi dalam Permenkes 033 tentang Bahan Tambahan Pangan. Namun pelarangan penggunaan kedua zat warna ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No.239/Menkes/Per/V/85 tentang Zat Warna Tertentu yang dinyatakan Sebagai Bahan Berbahaya.

Was this helpful?
  • Ya, permenkes No. 33 merupakan revisi dari permenkes 722. Namun pada Permenkes No.33 hanya memuat golongan dan BTP saja, seperti BTP Pengawet (misalnya asam benzoat), Pewarna (misalnya curcumin). Sedangkan pada Peraturan Kepala Badan POM telah ditetapkan jenis kategori pangannya dan batas maksimum penggunaannya.
  • Peraturan Kepala Badan POM tentang Bahan Tambahan Pangan dapat di unduh di web pom.go.id, di bagian Peraturan Perundang-undangan JDIH. Hingga saat ini, terdapat 25 Peraturan Kepala Badan POM terkait Bahan Tambahan Pangan, dua Peraturan lagi yaitu pemanis dan perisa masih dalam proses.
Was this helpful?

Rasio 1 (satu) berlaku untuk semua BTP. Rasio 1 hanya digunakan untuk satu golongan BTP yang sama.

Was this helpful?

Saat ini peraturan tersebut telah direvisi melalui Permenkes 033 tahun 2012 tentang Bahan Saat ini telah keluar Peraturan Kepala Badan POM terkait BTP sebanyak 25 golongan BTP, dan pada Peraturan Kepala Badan POM tersebut telah diatur untuk rasio 1. Rasio 1 ini hanya berlaku untuk jenis BTP dengan satu golongan dan digunakan dalam satu produk secara bersamaan. Misalnya BTP pengawet Natrium Benzoat dengan BTP pengawet Asam Sorbat.

Was this helpful?

Dalam pengujian BTP perlu mempertimbangkan rasio 1, yaitu pada saat menentukan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Namun pada prinsipnya ratio 1 diperhitungkan oleh produsen pada saat akan menggunakannya dalam produk pangan.

Was this helpful?

Salah satu alternatif pengganti boraks adalah STPP (sodium tripoly phosphate). STPP merupakan BTP golongan penstabil, penggunaannya sudah diatur di Permenkes 33 tahun 2012 dan SK Kepala BPOM RI tentang Penstabil tahun 2013.

Was this helpful?

Minyak yang tidak boleh digunakan, adanya perbedaan secara fisik yaitu perubahan warna, kekentalan, warna, dan bau dan untuk memastikan harus dilakukan uji laboratorium.

Was this helpful?

Untuk saat ini asap cair dan kitosan belum diatur sebagai pengawet. Namun asap cair sudah diizinkan sebagi perisa asap dan kitosan sebagai bahan baku.

Was this helpful?

Pemanis buatan diizinkan digunakan dalam banyak kategori pangan. Namun pada beberapa target konsumen tertentu dan demi kehati-hatian maka perlu dicantumkan peringatan pada label pangan yang mengandung BTP tersebut.  Pencantuman peringatan juga bertujuan agar masyarakat lebih waspada dan memperhatikan kesehatan terutama untuk ibu hamil dan anak-anak.

Was this helpful?

Air kapur sirih boleh saja digunakan sebagai alternatif pengganti BTP pengeras. Air kapur sirih yang digunakan harus food grade dan penggunaannya harus sesedikit mungkin dengan mencapai fungsi teknologi.

Was this helpful?

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM No. 4 Tahun 2014 tentang Batas Maksimum Penggunaan BTP Pemanis Buatan dalam Produk Pangan, siklamat tidak boleh digunakan untuk keripik pisang maupun keripik singkong.

Was this helpful?
Dapat di lihat di Perka Badan POM No. 4 Tahun 2014, tentang batas maksimum penggunaan BTP pemanis, yang sesuai dengan jenis pemanis buatan dan produk yang digunakan.
Was this helpful?
Peraturan tersebut harus diterapkan satu tahun setelah diundangkan setelah tidak diterapkan akan mendapatkan sanksi.
Was this helpful?
Pengujian penggunaan BTP dalam produk pangan termasuk PJAS adalah secara kuantitatif. untuk BTP yang batas penggunaannya CPPB, dilakukan pengujian kualitatif.
Was this helpful?
Berdasarkan Permenkes 033 tahun 2012 tentang BTP bahwa:
  • BTP adalah bahan yang ditambahkan untuk mempengaruhi sifat dan bentuk pangan.
  • Dilarang menggunakan BTP untuk tujuan:
    1. menyembunyikan penggunaan bahan yang tidak memenuhi persyaratan;
    2. menyembunyikan cara kerja yang bertentangan dengan cara produksi pangan yang baik untuk pangan; dan/atau
    3. menyembunyikan kerusakan pangan.
Was this helpful?
  • Dalam peraturan bahwa batas maksimum penggunaan MSG yaitu CPPB atau secukupnya. Yang berarti bahwa MSG dapat ditambahkan sesedikit mungkin sampai menimbulkan efek teknologi yaitu efek rasa yang diinginkan. MSG hanya dapat meningkatkan rasa dan tidak menciptakan rasa baru.
  • MSG merupakan salah satu BTP yang sudah dikaji keamanannya oleh The Joint FAO /WHO Expert Committee on Food Additives (JECFA) dan telah ditetapkan nilai ADI MSG adalah tidak dinyatakan (not specified).
Was this helpful?
Cara membaca peraturan BTP berdasarkan kategori pangan :
  • Carilah peraturan terkait dengan golongan BTP yang akan digunakan contohnya : natrium benzoate
  • Carilah jenis BTP yang dimaksud pada peraturan tersebut.
  • Kategori pangan yang boleh ditambahkan BTP tersebut sudah tercantum jelas pada peraturan tersebut.
Was this helpful?
  • Saat ini memang masih banyak permasalahan  terkait pemanis buatan. Namun, berdasarkan kajian JECFA atau kumpulan ahli BTP Internasional menyebutkan bahwa pemanis buatan aman digunakan asal konsumsi pemanis buatan tersebut masih di bawah ADI yang telah ditetapkan dan batas maksimum penggunaan tersebut sudah dihitung sehingga tidak melebihi ADI.
  • Aturan Internasional (Codex) tidak menyebutkan bahwa pemanis buatan hanya untuk pendertia diabetes atau makanan berkalori rendah saja. Namun sebagai langkah kehati-hatian, saat ini untuk pangan yang mengandung pemanis buatan diberikan label mengandung pemanis buatan disarankan tidak dikonsumsi oleh anak di bawah 5 tahun, ibu hamil dan ibu menyusui.
Was this helpful?
Codex menjadi acuan dalam penyusunan BTP karena codex merupakan standar internasional yang menjadi acuan utama semua Negara, membantu Negara dalam menetapkan jenis BTP yang akan diatur, dan dalam rangka harmonisasi peraturan antar Negara.
Was this helpful?
Bahan pengganti formalin tidak akan ada. Namun untuk alternatifnya dapat digunakan STPP. Selain itu dalam menggumpalkan tahu dapat menggunakan glukono delta lakton.
Was this helpful?
Pengaturan penggunaan BTP telah memperhatikan faktor-faktor keamanan dalam penerapannya dan produsen PJAS harus memperhatikan ketentuan tersebut.
Was this helpful?
Saat ini, Dit SPP sudah mensosialisasikan penggunaan sendok URT untuk penggunaan Bahan Tambahan Pangan, dan sudah memberikan contok sendok URT kepada PIRT.
Was this helpful?
  • Tidak semua jenis pewarna memiliki color index, dan
  • Karamel tidak memiliki Color Index
Was this helpful?
Kalsium karbonat merupakan salah satu BTP yang diizinkan digunakan, merupakan golongan BTP penstabil, pengatur keasaman, antikempal dan pengemulsi. Pada produk rempeyek dan krupuk boleh digunakan sebesar CPPB (GMP).
Was this helpful?
Kalsium karbonat diizinkan sebagai pengatur keasaman pada produk asinan buah dengan batas maksimum CPPB.
Was this helpful?
Berdasarkan Perka BPOM No. 37 Tahun 2013 tentang Batas Maksimum penggunaan BTP pewarna, pewarna hijau yang boleh digunakan untuk tape (kategori Pangan 06.5 makanan pencuci mulut berbasis serealia dan pati (misalnya pudding nasi, pudding tapioca) adalah :
  • Klorofil, batas maksimum CPPB
  • Klorofil dan klorofilin tembaga kompleks, batas maksimal CPPB
  • Hijau FCF, batas maksimal 30 mg/kg
Was this helpful?
Dalam proses produksinya harus diperhatikan secara benar dan teliti, menghidari terjadinya oksidasi dapat menggunakan botol yang gelap, cara penyimpanannya jika menggunakan BTP harus melihat ke dalam Peraturan Kepala Badan BPOM No. 36 tahun 2013 tentang Pengawet, dimana dalam Peraturan tersebut dimuat jenis BTP dan batas maksimum yang digunakan.
Was this helpful?
Penggunaan bahan tambahan pangan disesuaikan dengan tujuannya, penggunaan beberapa BTP agar memperhatikan ketentuan di Peraturan Kepala Badan mengenai Bahan Tambahan Pangan.
Was this helpful?
  • Pangan diproduksi harus sesuai dengan Cara Produksi Pangan yang Baik
  • Gunakan minyak goreng tidak lebih dari 3x (cek pedoman PJAS SPO)
  • Gunakan kemasan kedap udara dan tidak tembus cahaya
  • Melakukan pengendalian proses dengan pengurangan kandungan minyak bisa dilakukan dengan mesin peniris getar atau rotary spinner.
  • Jika diperlukan dapat menggunakan Bahan Tambahan Pangan Antioksidan yang penggunaannya harus sesuai dengan Peraturan Kepala Badan POM No. 38 tahun 2013 tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Antioksidan.
Was this helpful?
Tidak boleh ditambah lagi, karena sudah diperhitungkan batas maksimumnya, jika di tambah lagi akan sulit untuk dikontrol dan penggunaanya dapat melebihi batas maksimum.
Was this helpful?
Untuk menggoreng sebaiknya digunakan minyak sawit atau minyak kelapa yang kandungan oleatnya tinggi, karena lebih stabil dengan panas. Jika menggunakan minyak padat yang umumnya adalah minyak nabati yang mengandung lemak tak jenuh yang jika dipanaskan akan terbentuk lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Minyak padat sebaiknya hanya digunakan untuk menumis.
Was this helpful?
Untuk pengawet alami dapat menggunakan garam. Selain itu, kadar air dalam produk juga berpengaruh terhadap daya simpan. Semakin kering produk, maka daya simpannya juga semakin lama.
Was this helpful?
  • BTP pengeras diizinkan pada produk minuman lidah buaya sepanjang mengikuti Peraturan Kepala Badan POM No. 9 mengenai Batas Maksimum penggunaan BTP pengeras. Adapun jenis pengeras yang diizinkan untuk minuman lidah buaya antara lain kalsium laktatkalsium kloridakalium kloridakalsium sulfatkalsium glukonat, Sebaiknya dicoba dulu apakah jenis tersebut sesuai harapan.
  • Jenis pengeras tersebut dapat ditambahkan pada minuman lidah buaya dengan batas maksimum CPPB, yang berarti ditambahkan sesedikit mungkin sampai menimbulkan efek yang diinginkan.
Was this helpful?
  • Ini harus dikonfirmasi ke produsen, pewarna apa digunakan dalam bumbu balado dan jumlah takarannya berapa ( harus diperhitungkan) sesuai dengan ketentuan. 
  • Pilihlah pewarna yang sudah terdaftar (mempunyai nomor MD/PIRT).
  • Apabila ada kesulitan bisa meminta bantuan Balai atau Balai Besar POM setempat untuk identifikasi atau uji kandungan BTP dalam bumbu balado.
  • Jenis pewarna yang diizinkan untuk produk-produk balado, antara lain kurkuminbeta karoten, dan karotenoid.
Was this helpful?
BTP ditambahkan jika memang benar-benar diperlukan. Untuk membuat produk menjadi renyah dapat ditambahkan air kapur (kalsium hidroksida) dengan batas maksimum CPPB, yang berarti ditambahkan sesedikit mungkin sampai menimbulkan efek yang dikehendaki. Namun perlu diingat bahwa air kapur yang ditambahkan harus food grade, artinya harus memenuhi standar yang ditetapkan dan memang boleh ditambahkan ke dalam makanan.
Was this helpful?
Batas maksimum penggunaan natrium benzoat beserta kategori pangan yang diizinkan terdapat dalam peraturan perka Badan POM No. 36 Tahun 2013 tentang batas maksimum penggunaan BTP pengawet.Contohnya kategori pangan kopi dan teh batas maksimalnys 600 mg/kg untuk produ-produk cair.
Was this helpful?
  • Alergi bisa disebabkan karena ikan sudah tidak segar lagi. Histamin yang ditimbulkan dari ikan yang tidak segar dan cara pengolahan yang tidak benar.
  • Sebaiknya ikan segar disimpan dalam keadaan beku jika menggunakan es harus disimpan dengan perbandingan ikan dan es ; 1 : 2.
Was this helpful?
Disarankan untuk menggunakan trikalsium sitrat sebagai pengatur keasamannya karena disamping sebagai pengatur keasaman, trikalsium sitrat juga berfungsi sebagai pengeras. Formulasi yang tepat untuk jumlah penggunaan trikalsium sitrat belum ada angka pasti sehingga memerlukan tahapan trial and error sampai diperoleh efek teknologis yang sesuai dengan yang diinginkan.
Was this helpful?
Benzoat adalah bahan tambahan pengawet untuk memperpanjang masa simpan, batas penggunaan benzoat dapat dilihat di Peraturan Kepala Badan POM No. 36 Tahun 2013 tentang Batas Maksimum Penggunaan BTP Pengawet.
Was this helpful?
Bau apek disebabkan oleh penggunaan berlebihan, sehingga berpengaruh pada sensori produk, gunakanlah sesuai dengan aturan Perka Badan POM No. 36 Tahun 2013 tentang Batas Maksimum Penggunaan BTP Pengawet.
Was this helpful?
  • Batu kapur adalah kalsium karbonat yang jika dilarutkan dalam air menjadi endapan dalam kapur disebut sebagai kalsium hidroksida. Penggunaannya untuk koktail dan pangan tradisional adalah secukupnya. Batu kapur yang dimaksud adalah (imiah)
  • Gunakan batu kapur atau endapan batu kapur yang memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan 033 dan Kodeks Makanan Indonesia
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------