Help Center

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
Questions
Topics
  • Pengemasan primer (pengemas pertama) harus dilakukan di tempat yang tidak jauh dari ruang pengolahan (produksi) agar tidak terjadi kontaminasi silang.
  • pengemasan sekunder (misalnya setelah dikemas plastik akan dikemas ke kardus) boleh di tempat yang terpisah agak jauh karena kemungkinan terjadi kontaminasi kecil. (dijadikan satu dengan kamar tidur)
Was this helpful?
  • Untuk desain ruangan dilakukan searah (barang masuk sampai barang keluar ).
  • Tidak menyebabkan adanya kontaminasi
Was this helpful?
Dijelaskan bahwa yang menentukan umur simpan adalah industri dengan metode yang sudah umum dan dapat bekerjasama dengan universitas.
Was this helpful?
Masalah ini umumnya terkait dengan perilaku karyawan. Penanggung Jawab (supervisor) harus sering-sering (cerewet) untuk mengingatkan karyawannya dan bersikap tegas, sehingga lama kelamaan karyawan akan terbiasa berperilaku sesuai ketentuan, terutama yang bersentuhan langsung dengan produk dapat dilihat di Peraturan Kepala badan POM No. HK.03.1.23.04.12.2207 Tahun 2012 tentang Tata Cara Pemeriksaan Sarana Produksi Pangan Industri Rumah Tangga. 
Was this helpful?
Silica gel dapat digunakan dalam pangan dengan syarat harus dikemas dalam kemasan tersendiri, tidak bersentuhan langsung dengan pangan dan harus ada peringatan bahwa silica gel tidak untuk dimakan.
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------