Help Center

Direktorat Standardisasi Produk Pangan
Questions
Topics
  • Diperbolehkan menggunakan satu MD apabila alur produksi dan jenis produk pangan yang sama.
  • Tindakan hukum dapat mengacu pada Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor  HK.03.1.5.12.11.09955 Tahun 2011  tentang Pendaftaran Pangan Olahan.
Was this helpful?
Dijelaskan bahwa seluruh peraturan yang terkait keamanan, mutu dan gizi pangan berlaku untuk produk yang diproduksi di dalam negeri maupun untuk produk impor. Produk ekspor juga harus sesuai dengan dengan peraturan di Indonesia, selain itu juga harus sesuai dengan peraturan atau ketentuan di negara tujuan.
Was this helpful?
Sertifikat Halal wajib diperpanjang oleh Pelaku Usaha dengan mengajukan pembaruan Sertifikat Halal paling lambat 3 (tiga) bulan sebelum masa berlaku Sertifikat Halal berakhir. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembaruan Sertifikat Halal diatur dalam Peraturan Menteri. Izin pencantuman halal dapat dilihat di Undang-Undang No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal.
Was this helpful?
Audit hanya dilakukan terhadap sarana yang berhubungan dengan proses produksi.
Was this helpful?
Secara umum tidak diperlukan memperlihatkan formula secara detail pada saat audit sertifikasi halal namun lebih kepada asal usul bahan baku, hasil analisa produk, sertifikat halal bahan baku, sanitasi
Was this helpful?
Sertifikat Ekspor berlaku untuk 1 kali pengiriman/pengapalan (per shipment). Jadi tidak bisa dipakai untuk berulang kali walaupun jenis produknya sama. Dalam Sertifikat Ekspor berisi informasi nama/jenis, jumlah produk yang dikirim.
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------

Direktorat Standardisasi Produk Pangan