Help Center

Direktorat Standardisasi Produk Pangan
Questions
Topics
Produk tersebut dapat dikategorikan sebagai yoghurt rendah lemak. Yoghurt rendah lemak adalah produk susu yang diperoleh dari proses fermentasi susu rendah lemak, atau susu rendah lemak rekonstitusi dengan menggunakan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus atau bakteri asam laktat yang sesuai.

Karakteristik dasar :

  • kadar lemak susu tidak kurang dari 1,25% dan tidak lebih dari 3%
  • total padatan bukan lemak kurang dari 8%
  • kadar asam laktat tidak kurang 0.9%

Yoghurt yang dikonsumsi dengan cara disendok atau diminum harus memenuhi persyaratan.

Was this helpful?
Risoles beku merupakan pangan campuran (komposit) sehingga pengelompokannya mengikuti kategori pangan 16.0 Pangan campuran (komposit), tidak termasuk pangan dari kategori 01.0 sampai 15.0.
Was this helpful?
Dipersyaratkan bahwa ‘susu segar’ tidak boleh mengandung kolostrum,  berdasarkan  Peraturan Kepala Badan POM No HK.00.05.52.4040 tahun 2006  Kategori Pangan 01.1.1.1.
Was this helpful?
Revisi Peraturan Kepala Badan POM No HK.00.05.52.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan menetapkan Sambal pecel pada kategori pangan 12.6.2 Saus non emulsi.
Was this helpful?
Pangan lokal dapat diusulkan ke dalam kategori pangan. Dalam pengusulan pangan lokal tersebut dapat disampaikan definisi dari produk pangan lokal tersebut termasuk komposisi dan cara pengolahannya.
Was this helpful?

Peraturan Kepala Badan POM No. HK.03.1.5.12.11.09955 Tahun 2011 Tentang Pendaftaran Pangan Olahan mengatur mengenai pemberian nama jenis pangan sebagai berikut:

  • Nama jenis harus sesuai dengan SNI yang telah diberlakukan wajib.
  • Nama jenis yang belum diatur harus memenuhi ketentuan kategori pangan.
  • Dalam hal nama jenis belum ditetapkan dalam SNI dan /atau Kategori Pangan, Nama Jenis yang bersangkutan baru dapat digunakan setelah terlebih dahulu mendapat persetujuan dari Direktorat Standardisasi Produk Pangan BPOM.

Penerapan kategori pangan :

Kategori Pangan SNI
  Mandatory (wajib)   Voluntary (sukarela), sebagian wajib
  Mengatur karakteristik dasar   Mengatur syarat mutu
  Harmonized dengan negara lain   Mengatur ketentuan untuk produk yang ada dalam negeri
Was this helpful?
  • Kategori pangan hanya mengatur definisi dan karakteristik dasar. Untuk mutu bisa dilihat pada SNI komoditi.
  • Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.42.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan, persyaratan protein hanya ditetapkan untuk kecap kedelai asin sedangkan untuk kecap manis dan kecap asin tidak ditentukan kadar proteinnya.
Was this helpful?
Berdasarkan SK. Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.42.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan, minyak goreng dan jenis minyak lainnya ada dalam kategori 02.1.2 Lemak dan Minyak Nabati. Dimana kategori 02.1.2 termasuk dalam kategori pangan 02.0 Lemak, Minyak, dan Emulsi Minyak.
Was this helpful?
Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.42.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan :
  • Permen susu termasuk dalam kategori 7 Makanan Pencuci Mulut Berbahan Dasar Susu dengan nama jenis Kembang Gula Susu atau Permen Susu dan kandungan susu tidak kurang dari 5%.
  • permen isi susu termasuk dalam kategori pangan 2.1 Kembang Gula Keras atau Permen Keras dengan nama jenis Kembang Gula Isi Susu atau Permen Isi Susu dan kandungan susu tidak lebih dari 5%.
  • Pie susu termasuk dalam kategori pangan 07.2.1 adalah produk bakeri yang dapat digunakan sebagai hidangan penutup atau pencuci mulut.
Was this helpful?
Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.42.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan, Garam Gurih dapat dimasukkan dalam kategori pangan 12.1.1 Garam. Karakteristik dasar Garam Gurih telah diatur sesuai SNI 01-3556.1-1999 Garam Gurih yaitu :
  • Kadar NaCl minimal 87%
  • Penyedap rasa dihitung sebagai Mononatrium L-glutamat (MSG) 9-12%
  • Yodium, dihitung sebagai Kalium Iodat (KIO3) 30-80 mg/kg.
Was this helpful?
  • Saat ini sarang burung walet belum masuk dalam kategori pangan sesuai Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.42.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan, tetapi sarang burung wallet diizinkan sebagai bahan baku pangan.
  • Untuk dimanfaatkan sebagai pangan, sarang burung walet harus diolah terlebih dulu karena termasuk bahan pangan belum siap saji. Persyaratan batas cemaran mikroba maupun residu nitrit diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 41/Permentan/OT.140/3/2013 Tahun 2013 Tentang Tindakan Karantina Hewan Terhadap Pemasukan atau Pengeluaran Sarang Walet Ke dan Dari Dalam Wilayah Negara Republik Indonesia.
Was this helpful?
Es sirup yang dijual di sekolah kebanyakan merupakan pangan siap saji (PSS) karena tidak dikemas dan tidak masuk kedalam kategori pangan, kecuali untuk es sirup yang dibuat dari minuman serbuk yang diseduh air kemudian diberi es, maka masuk kedalam kategori pangan 14.1.4.2 atau 14.1.4.3.
Was this helpful?
Kerupuk melinjo dan ikan kayu telah diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.42.4040 tahun 2006 tentang Kategori Pangan.
  • Kerupuk melinjo dikelompokkan dalam kategori pangan 15.1 Makanan Ringan-Berbahan Dasar Kentang, Umbi, Serealia, Tepung atau Pati (dari Umbi dan Kacang).   
  • Ikan kayu dikelompokkan dalam kategori pangan 09.2.5 Ikan dan Produk Perikanan Termasuk Moluska, Krustase dan Ekinodermata yang Diasap, Dikeringkan, Difermentasi dengan atau Tanpa Garam.
  • Asam sunti akan diakomodir dalam revisi kategori pangan, masuk dalam kategori 12.2.1 Herba dan Rempah.
Was this helpful?
Kerupuk melinjo masuk dalam kategori hasil olahan buah, ikan kayu masuk dalam kategori produk hasil olahan ikan.
Was this helpful?
Dapat mengajukan ke Direktorat Standardisasi Produk Pangan, dengan melampirkan informasi produk yaitu : komposisi (disertai persentasenya), alur proses pengolahan, peruntukkan, lebih baik jika disertai referensi regulasi negara lain.
Was this helpful?
Tidak ada perbedaan, karena juice adalah istilah asing yang diterjemahkan menjadi sari buah.
Was this helpful?
  • Keripik pada umumnya berbahan baku sayuran yang dilapisi dengan tepung kemudian digoreng, atau umbi atau buah yang dipotong tipis-tipis dan digoreng.
  • Kerupuk adalah makanan yang dibuat dari adonan tepung dicampur dengan lumatan bahan pangan (misalnya buah, umbi, sayuran, udang, ikan, dll), dikukus, diiris tipis, dikeringkan, kemudian digoreng.
Was this helpful?
  • Sorbet adalah produk buah yang diblender dengan es, semacam bentuk makan makanan penutup.
  • Sherbet rasanya lebih creamy dengan bahan campuran susu rendah lemak dan teksturnya lebih halus.
Was this helpful?
Produk ekstrudat adalah produk yang dibuat dari tepung dan atau pati melalui proses ekstrusi dengan penambahan bahan lain dengan atau tanpa proses penggorengan
Was this helpful?
  • MP-ASI siap santap adalah MP-ASI yang telah diolah melalui proses sterilisasi komersial sehingga dapat dikonsumsi langsung.
  • MP-ASI siap masak adalah MP-ASI yang telah diproses dan harus dimasak dengan air atau cairan lain yang sesuai sebelum dikonsumsi.
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------

Direktorat Standardisasi Produk Pangan