Help Center

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
Questions
Topics
Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.03.1.5.12.11.09955 Tahun 2011 tentang Pendaftaran Pangan Olahan diatur bahwa label harus memenuhi persyaratan:
  • Tidak mudah lepas dari kemasan;
  • Tidak mudah luntur atau rusak; dan
  • Terletak pada bagian kemasan pangan yang mudah untuk dilihat dan dibaca.

Selain itu, untuk label yang melekat atau ditempelkan pada kemasan harus melekat kuat sehingga jika dilepas akan merusak label atau kemasan aslinya.

Was this helpful?
  • Peraturan Kepala Badan POM Nomor Hk.03.1.5.12.11.09955 Tahun 2011 tentang Pendaftaran Pangan Olahan.
  • Keterangan tentang komposisi atau daftar bahan yang digunakan dalam kegiatan atau proses produksi pangan dicantumkan pada label secara lengkap dan berurutan mulai dari jumlah terbanyak.
Was this helpful?
Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 033 Tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan menetapkan bahwa produk pangan yang mengandung pemanis buatan, disarankan tidak dikonsumsi oleh anak di bawah 5 (lima) tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui.
Was this helpful?
  • Nilai kandungan suatu zat gizi pada produk diperbolehkan untuk tidak sama persis, dengan syarat masih dalam batas toleransi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.03.1.23.11.11.09605 tahun 2011 tentang Perubahan atas Peraturan Kepala Badan POM Nomor HK.00.06.51.0475 tahun 2005 tentang Pedoman Pencantuman Informasi Nilai Gizi Pada Label Pangan.
  • Pada peraturan tersebut yang dimaksud dengan batas toleransi hasil analisis zat gizi adalah nilai kisaran yang dapat diterima dari hasil analisis zat gizi dibandingkan dengan nilai yang dicantumkan pada informasi nilai gizi.
Was this helpful?
Diperbolehkan. Jika pangan merupakan pangan olahan yang diproduksi berdasarkan kontrak, maka harus dicantumkan informasi yang menghubungkan antara pihak yang memproduksi dengan pihak yang memberi kontrak, seperti “diproduksi oleh .... untuk .....“.
Was this helpful?
  • Tidak diperbolehkan. Namun untuk produk MD diperbolehkan melakukan klaim. Untuk mendaftarkan produk pangan yang berklaim harus dievaluasi terlebih dahulu, misalnya klaim rendah natrium. Harus benar-benar dihitung kadar natrium per-gramnya dan ada persyaratan lain agar boleh klaim.
  • Dan sebagai informasi bahwa produk pangan yang berklaim, harga mendaftarkannya akan berbeda jika dibandingkan produk pangan yang tidak berklaim. Namun produk pangan yang berklaim pasti ada tujuan dan maksud, misalnya agar nilai produk tersebut lebih dimata konsumen.
Was this helpful?
Dalam Peraturan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan Republik Indonesia Nomor Hk.03.1.5.12.11.09955 Tahun 2011 Tentang Pendaftaran Pangan Olahan, disebutkan bahwa untuk kadaluarsa seharusnya ditulis baik digunakan sebelum. Untuk pangan olahan yang daya simpannya sampai dengan 3 (tiga) bulan dinyatakan dalam tanggal, bulan dan tahun sedangkan untuk pangan olahan yang daya simpannya lebih dari 3 (tiga) bulan dinyatakan dalam bulan dan tahun.
Was this helpful?
Untuk gr tidak diperkenankan karena satuan internasional adalah gram, sedangkan netto seharusnya ditulis berat bersih atau isi bersih.
Was this helpful?
Tanggal kedaluarsa dapat ditetapkan oleh produsen sendiri dengan melakukan uji penyimpanan atau uji stabilitas dipercepat.
Was this helpful?
Kalimat yang digunakan dalam label harus dalam bahasa Indonesia, dengan demikian istilah yang tepat adalah “berat bersih” atau “isi bersih”.
Was this helpful?
  • Selama belum mencapai batas kedaluarsa (baik digunakan sebelum), masih dapat diperdagangkan.
  • Balai POM meminta pelaku usaha melaporkan resmi. Balai akan menjembatani dan membina peritel tersebut.
  • Akan dibuat pedoman ritel pangan yang lebih aplikatif, mudah dilakukan oleh peritel terutama bagaimana seharusnya peritel mengembalikan produk yang sudah dekat masa simpannya dan bagaimana Balai POM membina dan menarik produk kadaluarsa
Was this helpful?
Batas waktu pemajangan tergantung dari kebijakan pihak peritel. Sebagai pengawas dan konsumen acuannya hanya batas kadaluwarsa.
Was this helpful?
Berdasarkan Peraturan pemerintah No. 69 Tahun 1999 tentang Label dan Iklan Pangan pada pasal 61 Bab V, yaitu akan dikenakan tindakan administratif, meliputi :
  • peringatan secara tertulis;
  • larangan untuk mengedarkan untuk sementara waktu dan atau perintah untuk menarik produk pangan dari peredaran;
  • pemusnahan pangan jika terbukti membahayakan kesehatan dan jiwa manusia;
  • penghentian produksi untuk sementara waktu;
  • pengenaan denda paling tinggi Rp. 50.000.000.00 (lima puluh juta rupiah), dan atau;
  • pencabutan izin produksi atau izin usaha.
Was this helpful?
Tanggal kadaluwarsa dapat dicetak pada kemasan dan pada label dicantumkan tulisan “tanggal kadaluwarsa yang terdapat pada bagian atas label sesuai dengan UU No. 18 tahun 2012 tentang Pangan Pasal 97.
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------