Help Center

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
Questions
Topics
Pemanis buatan tidak dianjurkan untuk digunakan pada PJAS. Akan tetapi, jika ditemukan sampel PJAS yang mengandung pemanis buatan, batas maksimum dapat mengacu pada Keputusan Kepala Badan POM Nomor HK.00.05.1.4547 tentang Persyaratan Penggunaan Bahan Tambahan Pangan Pemanis Buatan dalam Produk Pangan.
Was this helpful?
Plastik untuk membungkus makanan yang masih panas saja berpotensi menimbulkan kematian jaringan dan kanker pada manusia (karsinogenik). Akan tetapi yang lebih berbahaya adalah memanaskan plastik dalam suhu tinggi. Membakar bahan yang terbuat dari plastik dapat mendatangkan masalah tersendiri bagi manusia. Plastik yang dibakar akan mengeluarkan asap toksik yang apabila dihirup dapat menyebabkan sperma menjadi tidak subur dan terjadi gangguan kesuburan. Pembakaran PVC akan mengeluarkan DEHA (bahan pelembut plastik) yang dapat mengganggu keseimbangan hormon estrogen manusia. Selain itu juga dapat mengakibatkan kerusakan kromosom dan menyebabkan bayi-bayi lahir dalam kondisi cacat.
Was this helpful?
Pangan sebagai PJAS tidak hanya terdiri dari pangan siap saji tetapi juga pangan yang dikemas dan terdaftar (baik MD/ML maupun PIRT) di Badan POM atau Dinas Kesehatan. Untuk pangan yang terkemas dan terdaftar mengikuti Peraturan yang telah ada yaitu mengacu pada Peraturan Kepala Badan Tahun 2014 tentang BTP Pemanis dan buku pedoman penggunaan BTP pada pangan sebagai PJAS
Was this helpful?
Masyarakat harus menjelaskan kepada para penjual gorengan bahwa minyak goreng yang sudah menghitam disebabkan karena pemakaian berkali-kali sehingga meninggalkan senyawa yang tidak larut dan mengendap di dalam minyak.
Was this helpful?
Dalam pedoman PJAS dihimbau untuk tidak menggunakan pemanis buatan karena dikhawatirkan takaran dan peruntukkannya tidak tepat.
Was this helpful?
Penerapan 4 pedoman PJAS yang dikeluarkan Direktorat Standardisasi Produk Pangan yaitu PJAS Gizi Seimbang, Informasi Nilai Gizi, Bahan Tambahan Pangan,dan Cemaran.
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.30 - 15.00


--------------------------------