Direktorat Standardisasi Produk Pangan

Berita

JAKARTA, 28 April 2017 - Dalam proses penyusunan standar, dan mengacu pada Good Regulatory Practices, salah satu tahapan yang harus dilakukan adalah melakukan monitoring penerapan standar. Monitoring dilakukan untuk mengetahui tingkat penerapan standar atau persyaratan di produk pangan olahan yang beredar, dan untuk memastikan regulasi sesuai dengan tujuan penetapannya. Hasil monitoring sangat diperlukan untuk mereview standar/persyaratan sehingga dapat dihasilkan produk regulasi yang lebih baik.

Salah satu regulasi yang perlu diketahui tingkat pemenuhannya di produk beredar adalah regulasi terkait pelabelan pangan olahan. Pada tahun 2015, telah dilakukan kegiatan monitoring pada responden mahasiswa dibidang kesehatan dan non kesehatan di DKI Jakarta. Untuk memperoleh data yang lebih komprehensif  sehingga dapat memberikan rekomendasi/masukan terhadap regulasi pelabelan pangan olahan maka kegiatan implementasi regulasi pangan olahan perlu dilakukan dengan cakupan wilayah yang lebih luas dan jumlah responden yang lebih banyak. Maka pada tahun 2017, Direktorat Standardisasi Produk Pangan  melakukan kegiatan monitoring dengan responden ibu rumah tangga di daerah DKI Jakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Pemilihan responden ibu rumah tangga berdasarkan rekomendasi survey sebelumnya, sedangkan pemilihan daerah mempertimbangkan data Survei Sosial Ekonomi Nasional Tahun 2015 tentang Konsumsi Kalori dan Protein Penduduk Indonesia dan Provinsi yang menyatakan bahwa rata-rata konsumsi terbesar makanan dan minuman jadi (pangan olahan) berada di kelima provinsi tersebut.

Sampai saat ini kegiatan masih berlangsung dan diharapkan dapat diperoleh data yang komprehensif sehingga dapat memberikan rekomendasi/masukan terhadap regulasi terkait  label pangan olahan.

foto label

 

You are here: Home Berita Implementasi Regulasi Pangan Olahan Terkait Pembacaan Label

Statistik Pengunjung

Hari ini 9

Minggu ini 51

Bulan ini 1317

Jumlah Pengunjung 11430

Halo BPOM

Cari Berita

Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account