Direktorat Standardisasi Produk Pangan

Berita

Sebagai upaya dalam meningkatkan sinergi dalam pengawasan pangan di Indonesia, Badan POM berperan aktif dalam keanggotaan Indonesia di Codex Alimentarius Commission (CAC). Badan POM, bersama Badan Standardisasi Nasional (BSN) dan Perutusan Tetap Republik Indonesia (PTRI) di Jenewa menghadiri sidang ke-40 Codex Alimentarius Commission (40th CAC Meeting) yang diselenggarakan di Centre International de Conferences Geneva (CICG) Jenewa, Swiss pada tanggal 17 – 22 Juli 2017.

Sidang ini merupakan pertemuan rutin tingkat tinggi yang diadakan setiap tahun. Sidang dihadiri oleh perwakilan dari sekitar 180 negara anggota Codex, perwakilan dari Organisasi Internasional yang terkait dengan produk pangan, serta observer dari organisasi non-pemerintah. 

sidang cac

Badan POM diundang secara khusus untuk mempresentasikan pengalamannya terkait “National Food Control System Assessment Tool”. Badan POM telah diakui sebagai Instansi yang mampu menerapkan Standar FAO dan WHO dalam melakukan pengawasan terhadap produk pangan yang beredar. Dalam presentasinya, Direktur Standardisasi Produk Pangan, Drs. Tepy Usia, Apt., M.Phil, Ph.D menyampaikan bahwa sistem pengawasan produk pangan di Indonesia telah dilakukan dengan melibatkan kerjasama lintas sektor secara sinergis sehingga menghasilkan pengawasan pangan yang terpadu serta optimal. Adanya pengawasan yang dilakukan secara komprehensif dengan melibatkan lintas sektor menggunakan elemen-elemen sebagaimana Standar FAO dan WHO, maka pengawasan pangan dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Kehadiran Badan POM dalam berbagi pengalaman terkait pengawasan pangan pada sidang Codex mendapat apresiasi dari FAO, WHO dan negara anggota Codex.

sidang cac 40

Indonesia juga membawa misi pencalonan Prof. DR. Purwiyanto Hariyadi sebagai vice chair pada forum CAC 40. Pemilihan telah dilaksanakan pada tanggal 19 Juli 2017 dengan empat calon yaitu Indonesia, Inggris, Lebanon, Papua Nugini. Indonesia bersama dengan Inggris dan Lebanon berhasil terpilih sebagai 3 Vice Chair dengan komposisi suara 103, 102, dan 102 suara. Dalam pidato yang disampaikan Kepala BSN sebagai Ketua Delegasi Republik Indonesia dalam sidang CAC ke 40, Prof. Dr. Ir. Bambang Prasetya menyampaikan bahwa Prof. Purwiyanto Hariyadi siap bekerja dan mencurahkan seluruh kemampuan yang beliau miliki dalam menjalankan tugas sebagai vice chair Codex yang memiliki mandat untuk melindungi kesehatan konsumen dan memastikan keadilan dalam perdagangan produk pangan Internasional.

sidang cac 40th

You are here: Home Berita Sidang Codex Alimentarius Commission ke 40 di Jenewa, Swiss

Statistik Pengunjung

Hari ini 7

Minggu ini 585

Bulan ini 1701

Jumlah Pengunjung 19173

Halo BPOM

Cari Berita

Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account