Direktorat Standardisasi Produk Pangan

Berita

Jakarta, 2 Oktober 2017 Kajian pemahaman masyarakat terhadap iklan pangan olahan dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai pemahaman masyarakat terhadap iklan pangan olahan. Kajian tersebut merupakan salah satu upaya untuk mengevaluasi peraturan tentang periklanan pangan olahan. Hasil kajian tersebut juga dapat dijadikan sebagai data dukung dalam melakukan pengawasan iklan pangan olahan. Diketahui bahwa salah satu tantangan di dalam pengawasan iklan pangan olahan adalah pemahaman yang berbeda dalam menyikapi suatu iklan. Hal tersebut antara lain akibat ketidakjelasan dalam mendefinisikan keterangan yang tidak benar dan menyesatkan.

Menindaklanjuti pelaksanaan survey kuantitatif iklan yang telah selesai dilakukan terhadap 400 ibu rumah tangga yang bertempat tinggal di 10 wilayah di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, maka pada tanggal 2 Oktober 2017 dilakukan survey lanjutan dengan metode survey kualitatif (wawancara). Survey dilakukan di Badan POM terhadap 11 orang ibu rumah tangga sebagai responden. Responden tersebut merupakan perwakilan terpilih dari keseluruhan responden yang telah mengikuti survey kuantitatif.

Survey kualitatif dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui persepsi konsumen terhadap iklan pangan olahan dan pengaruh iklan terhadap keputusan konsumen untuk membeli suatu produk pangan. Survey kualitatif dilakukan untuk melengkapi hasil survey kuantitatif. Survey kualitatif dilakukan dengan metode wawancara. Melalui wawancara, dapat digali informasi lebih mendalam mengenai pemahaman konsumen terhadap iklan pangan. Data yang diperoleh dari hasil kegiatan diharapkan dapat memberikan rekomendasi terhadap regulasi terkait iklan pangan olahan dan mendukung pelaksanaan pengawasan iklan pangan olahan.

You are here: Home Berita Kajian Pemahaman Masyarakat Terhadap Iklan Pangan Olahan 2 (survey kualitatif)

Statistik Pengunjung

Hari ini 7

Minggu ini 585

Bulan ini 1701

Jumlah Pengunjung 19173

Halo BPOM

Cari Berita

Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account