Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Peternakan adalah bagian dari sektor pertanian yang merupakan subsektor penting dalam menunjang perekonomian masyarakat. Komoditas peternakan mempunyai prospek yang baik untuk dikembangkan karena memiliki karakteristik produk yang dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Dengan adanya fasilitasi dan pembinaan dari Badan POM dan Kementerian Pertanian diharapkan dapat dihasilkannya produk-produk olahan hasil peternakan yang berkualitas baik, aman dikonsumsi dan dapat bersaing di pasaran.

Pada tahun 2017, fasilitasi dan pembinaan dilaksanakan di 3 (tiga) provinsi yaitu Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI. Yogyakarta. Salah satunya dalam bentuk kegiatan bimbingan teknis dan pelatihan.

Pada hari Selasa dan Rabu, 2-3 Mei 2017 telah dilaksanakan Kegiatan Bimtek Pelatihan Implementasi Regulasi Mutu dan Keamanan Pangan UPH Peternakan di DI. Yogyakarta bertempat di Hotel Santika Premier yang pembukaan oleh Plt. Kepala Balai Besar POM di Yogyakarta, Dra. Diah Tjahjonowati, Apt., M.Si. dan sambutan dari Kabid. Pengolahan dan Pemasaran Hasil Pertanian, Dinas Pertanian Provinsi DI. Yogyakarta, Ir. Rd. Maman Suherman, MP. Dalam sambutannya, Ir. Rd. Maman Suherman, MP  menegaskan bahwa kegiatan bimtek ini sangat diperlukan guna membuka pengetahuan UPH Peternakan dalam mempersiapkan diri menghadapi Pasar Bebas ASEAN. 

Bimbingan teknis diikuti oleh 20 UPH Peternakan dengan produk olahan susu, daging, dan telur; perwakilan Direktorat Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Kementerian Pertanian; dan perwakilan Dinas Pertanian Provinsi dan Kabupaten di DI. Yogyakarta.

Materi yang diberikan adalah Bahan Tambahan Pangan, Label Pangan, Kemasan Pangan, Pendaftaran Pangan Olahan, SSOP, CPPOB, HACCP, dan Prosedur Pendaftaran Akun Perusahaan, Fasilitasi Pendampingan dan Sertifikasi Halal.

Bimtek berlangsung dengan tertib dan lancar. Para peserta mengikuti kegiatan dengan antusias dan berharap bimtek serupa dapat diadakan kembali.

uph jogja

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Whatsapp: (+62) 813 9968 1126
Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.00 - 16.00

Jadwal Akses E-Standar Pangan

Senin - Jum'at: 08.00 - 16.00

Jadwal Submission E-Standar Pangan

Senin - Kamis: 08.00 - 12.00


--------------------------------

Instagram
Facebook
Youtube
Spotify