Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Sebagai salah satu upaya dalam pengawasan pangan di Indonesia, Badan POM berperan aktif dalam keanggotaan Indonesia di Codex Alimentarius Commission (CAC). Badan POM, dalam hal ini Direktorat Standardisasi Pangan Olahan selaku mirror committee untuk Codex Committee on Food Additives (CCFA), bersama dengan lintas sektor terkait telah menghadiri pertemuan working groups yang diselenggarakan secara online pada tanggal 21-25 Juni 2021.

ccfa52-2

CCFA adalah komite di bawah CAC yang berperan dalam penyusunan standar terkait Bahan Tambahan Pangan. Pertemuan working groups CCFA ini adalah pertemuan awal dari rangkaian sidang ke-52 CCFA yang akan diselenggarakan pada September 2021.

Pertemuan dibuka oleh Fan Yongxiang yang merupakan Chairperson CCFA dan dihadiri oleh negara-negara anggota Codex. Delegasi Republik Indonesia diketuai oleh Badan POM dengan anggota delegasi dari tim pakar di bidang pangan olahan, perwakilan Kementerian Kesehatan, dan Kementerian Perindustrian. 

ccfa52-3

Pertemuan membahas beberapa agenda, yaitu The General Standard for Food Additives, Alignment of the food additive provisions, Endorsement of the food additive provisions, dan Note 161 - Provisions for sweeteners. Pada kesempatan ini, Delegasi RI menyampaikan posisi Indonesia yang merupakan hasil pembahasan yang melibatkan internal Badan POM, tim pakar, dan lintas sektor terkait.

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 09.00 - 15.30


--------------------------------