Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Pada akhir tahun 2022 terdapat emerging issue berupa temuan residu cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang dimulai dengan informasi dari WHO tentang kewaspadaan terhadap peredaran obat substandar yang mengandung EG dan DEG melebihi batas di Gambia dan diduga kuat berkaitan dengan kasus gagal ginjal di negara tersebut. Di Indonesia juga terdapat kenaikan kasus Gangguan Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) pada anak balita yang diduga akibat konsumsi obat yang mengandung senyawa EG dan DEG yang tinggi. Sampai saat ini EG dan DEG tidak diizinkan penggunaannya dalam produk obat dan makanan berdasarkan regulasi yang berlaku di Indonesia, sehingga keberadaannya dalam pangan olahan merupakan termasuk kategori cemaran.

Dengan adanya emerging issue tersebut maka BPOM telah melakukan langkah-langkah antisipasi dalam pengawasan produk pangan antara lain menerbitkan Pedoman Mitigasi Risiko Cemaran Etilen Glikol (EG), dan Dietilen Glikol (DEG) pada Pangan Olahan. Menindaklanjuti hal tersebut, sesuai dengan tahapan manajemen standardisasi pangan, Direktorat Standardisasi Pangan Olahan melaksanakan Sosialisasi Pedoman Mitigasi Risiko Cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) pada Pangan Olahan.

Sosialisasi dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2023 secara hybrid yaitu luring di Hotel Intercontinental Dago Pakar - Bandung, dan daring melalui zoom meeting. Acara dihadiri sekitar 650 peserta yang terdiri atas:

  • Unit Pelaksana Teknis BPOM (Unit BPOM Pusat, Balai Besar/Balai POM/Loka POM di seluruh wilayah Indonesia)
  • Kementerian/Lembaga terkait, seperti Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan, BSN
  • Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), seperti Dinas Perindustrian dan Perdagangan dan Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota
  • Laboratorium
  • Organisasi PATPI
  • Asosiasi (GAPMMI, AFFI, AIPS, APPNIA, ASRIM, APMMOI)
  • Produsen Pangan Olahan dan BTP

Sosialisasi Pedoman dibuka dengan sambutan dan arahan dari Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan, Ibu Dra. Rita Endang, Apt., M.Kes; dilanjutkan dengan penyampaian materi  Pedoman Mitigasi Risiko Cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) pada Pangan Olahan oleh Ibu Lili Defi Z, S.Pt, M.Si, serta pandangan pakar Prof. Dr. Ir. Sugiyono, M.App.Sc. Kegiatan ini sangat penting untuk mencapai pemahaman dan persamaan persepsi semua pihak terhadap regulasi pangan olahan.

Secara umum peserta bersikap aktif selama sesi berlangsung, dibuktikan dengan antusiasme saat diskusi. Dalam rangka mengevaluasi tingkat pemahaman terkait materi, peserta juga mengikuti pre-test dan post-test, serta mengisi evaluasi kegiatan untuk perbaikan penyelenggaraan kegiatan selanjutnya.

Penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi forum sosialisasi sekaligus diskusi terkait permasalahan EG DEG serta tindak lanjut untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kembali kasus EG DEG di Indonesia. Lebih lanjut, sosialisasi dilaksanakan untuk mewujudkan standardisasi pangan untuk meningkatkan perlindungan konsumen dari pangan yang tidak layak, tidak aman, serta meningkatkan daya saing produk pangan Indonesia.

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Whatsapp: (+62) 813 9968 1126
Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 08.00 - 16.00

Jadwal Akses E-Standar Pangan

Senin - Jum'at: 08.00 - 16.00

Jadwal Submission E-Standar Pangan

Senin - Kamis: 08.00 - 12.00


--------------------------------

Instagram
Facebook
Youtube
Spotify