Berita

Direktorat Standardisasi Pangan Olahan

Workshop rancangan Pedoman Label Pangan Olahan dan Pedoman Pengkajian Bahan Baku Pangan telah dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2020 melalui video conference. Workshop dihadiri oleh 166 peserta yang terdiri dari perwakilan Unit Teknis Badan POM, Balai Besar/Balai/Loka POM, Kementerian/Lembaga terkait, Dinas Kesehatan, Pemerintah Kota, Organisasi Profesi, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), dan Asosiasi Pelaku Usaha.

workshop pedoman label2Workshop dibuka dengan sambutan dari Direktur Standardisasi Pangan Olahan, Dra. Sutanti Siti Namtini, Apt, Ph.D. Dalam sambutannya, Direktur Standardisasi Pangan Olahan menegaskan tujuan pelaksanaan workshop untuk memberikan informasi kepada pemangku kepentingan terkait ketentuan yang diatur dalam rancangan pedoman dan untuk mendapatkan masukan atau tanggapan terhadap ketentuan yang diatur dalam rancangan pedoman.

 

Terdapat dua rancangan pedoman yang dibahas dalam workshop tersebut. Pertamaworkshop pedoman label3 adalah rancangan Pedoman Label Pangan Olahan. Penyusunan Pedoman Label Pangan Olahan menjadi penting untuk dilakukan yaitu sebagai acuan dalam implementasi Peraturan Badan POM No.31 Tahun 2018 tentang Label Pangan Olahan. Pada tahun 2019, untuk memperjelas implementasi Peraturan Badan POM No.31 Tahun 2018, Badan POM telah menerbitkan Pedoman Pencantuman Jumlah Bahan Baku dan Informasi Alergen. Pada tahun 2020 ini, Badan POM menyusun pedoman label pangan olahan yang lebih umum. Pedoman berisi penjelasan pencantuman label pangan olahan secara umum dan dilengkapi dengan penjelasan, contoh, serta ilustrasi yang sesuai sehingga mudah dipahami.

workshop pedoman label4Rancangan kedua yang dibahas adalah rancangan Pedoman Pengkajian Bahan Baku Pangan. Pada tahun 2019, telah ditetapkan Peraturan Badan POM No.34 tentang Kategori Pangan yang mengatur tentang jenis pangan dan bahan baku yang telah diizinkan digunakan sebagai pangan. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pangan olahan saat ini mendorong kreativitas pelaku usaha di bidang pangan olahan untuk memproduksi pangan yang inovatif dan kreatif, termasuk penggunaan bahan baku baru sebagai pangan. Untuk mendukung proses pengkajian tersebut diperlukan tools bagi para pengawas pangan untuk memudahkan dalam melakukan proses pengkajian, sekaligus juga memberikan kejelasan bagi para pemangku kepentingan yang akan mengajukan permohonan pengkajian.  

Kegiatan workshop ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan pedoman. Melalui  kegiatan workshop ini, diharapkan dapat memberikan informasi seluas-luasnya kepada pemangku kepentingan terkait dan mendapatkan masukan dan tanggapan terhadap ketentuan yang dalam rancangan pedoman ini. Workshop ini juga menjadi forum komunikasi antara Badan POM dengan pemangku kepentingan terkait, sehingga tercapai persamaan persepsi terhadap ketentuan dalam rancangan Pedoman Label Pangan Olahan dan Pedoman Pengkajian Bahan Baku Pangan.

Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 09.00 - 15.30


--------------------------------