Direktorat Standardisasi Pangan Olahan
FAQBOOKPRO_QUESTIONS
FAQBOOKPRO_TOPICS

Permenkes 033 tahun 2012 tentang Bahan Tambahan Pangan hanya memuat ketentuan pokok saja seperti penggolongan BTP dalam 27 golongan dan jenis-jenis BTP pada setiap golongan tersebut. Untuk batas maksimum penggunaan BTP pada setiap kategori pangan tertulis dalam Peraturan Kepala Badan POM tentang Batas Maksimum Penggunaan Bahan Tambahan Pangan.

Was this helpful?

Satu tahun, Permenkes 033 diundangkan tanggal 27 Juli 2012, sehingga pangan yang beredar harus menyesuaikan Peraturan ini paling lama satu tahun sejak diundangkan Peraturan tersebut (batas akhir sampai dengan 27 Juli 2013).

Was this helpful?

Selain BTP yang diatur dalam Permenkes 033 tahun 2012 tentang BTP belum dapat digunakan, akan tetapi dapat melalui mekanisme pengkajian terlebih dahulu.

Was this helpful?

Metanil Yellow dan Rhodamin B merupakan pewarna tekstil dan tidak termasuk bahan tambahan pangan. Kedua zat ini tidak diatur lagi dalam Permenkes 033 tentang Bahan Tambahan Pangan. Namun pelarangan penggunaan kedua zat warna ini tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI No.239/Menkes/Per/V/85 tentang Zat Warna Tertentu yang dinyatakan Sebagai Bahan Berbahaya.

Was this helpful?
  • Ya, permenkes No. 33 merupakan revisi dari permenkes 722. Namun pada Permenkes No.33 hanya memuat golongan dan BTP saja, seperti BTP Pengawet (misalnya asam benzoat), Pewarna (misalnya curcumin). Sedangkan pada Peraturan Kepala Badan POM telah ditetapkan jenis kategori pangannya dan batas maksimum penggunaannya.
  • Peraturan Kepala Badan POM tentang Bahan Tambahan Pangan dapat di unduh di web pom.go.id, di bagian Peraturan Perundang-undangan JDIH. Hingga saat ini, terdapat 25 Peraturan Kepala Badan POM terkait Bahan Tambahan Pangan, dua Peraturan lagi yaitu pemanis dan perisa masih dalam proses.
Was this helpful?

Rasio 1 (satu) berlaku untuk semua BTP. Rasio 1 hanya digunakan untuk satu golongan BTP yang sama.

Was this helpful?

Saat ini peraturan tersebut telah direvisi melalui Permenkes 033 tahun 2012 tentang Bahan Saat ini telah keluar Peraturan Kepala Badan POM terkait BTP sebanyak 25 golongan BTP, dan pada Peraturan Kepala Badan POM tersebut telah diatur untuk rasio 1. Rasio 1 ini hanya berlaku untuk jenis BTP dengan satu golongan dan digunakan dalam satu produk secara bersamaan. Misalnya BTP pengawet Natrium Benzoat dengan BTP pengawet Asam Sorbat.

Was this helpful?

Dalam pengujian BTP perlu mempertimbangkan rasio 1, yaitu pada saat menentukan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat. Namun pada prinsipnya ratio 1 diperhitungkan oleh produsen pada saat akan menggunakannya dalam produk pangan.

Was this helpful?

Salah satu alternatif pengganti boraks adalah STPP (sodium tripoly phosphate). STPP merupakan BTP golongan penstabil, penggunaannya sudah diatur di Permenkes 33 tahun 2012 dan SK Kepala BPOM RI tentang Penstabil tahun 2013.

Was this helpful?

Minyak yang tidak boleh digunakan, adanya perbedaan secara fisik yaitu perubahan warna, kekentalan, warna, dan bau dan untuk memastikan harus dilakukan uji laboratorium.

Was this helpful?

Untuk saat ini asap cair dan kitosan belum diatur sebagai pengawet. Namun asap cair sudah diizinkan sebagi perisa asap dan kitosan sebagai bahan baku.

Was this helpful?

Pemanis buatan diizinkan digunakan dalam banyak kategori pangan. Namun pada beberapa target konsumen tertentu dan demi kehati-hatian maka perlu dicantumkan peringatan pada label pangan yang mengandung BTP tersebut.  Pencantuman peringatan juga bertujuan agar masyarakat lebih waspada dan memperhatikan kesehatan terutama untuk ibu hamil dan anak-anak.

Was this helpful?

Air kapur sirih boleh saja digunakan sebagai alternatif pengganti BTP pengeras. Air kapur sirih yang digunakan harus food grade dan penggunaannya harus sesedikit mungkin dengan mencapai fungsi teknologi.

Was this helpful?

Berdasarkan Peraturan Kepala Badan POM No. 4 Tahun 2014 tentang Batas Maksimum Penggunaan BTP Pemanis Buatan dalam Produk Pangan, siklamat tidak boleh digunakan untuk keripik pisang maupun keripik singkong.

Was this helpful?
Dapat di lihat di Perka Badan POM No. 4 Tahun 2014, tentang batas maksimum penggunaan BTP pemanis, yang sesuai dengan jenis pemanis buatan dan produk yang digunakan.
Was this helpful?
Peraturan tersebut harus diterapkan satu tahun setelah diundangkan setelah tidak diterapkan akan mendapatkan sanksi.
Was this helpful?
Pengujian penggunaan BTP dalam produk pangan termasuk PJAS adalah secara kuantitatif. untuk BTP yang batas penggunaannya CPPB, dilakukan pengujian kualitatif.
Was this helpful?
Berdasarkan Permenkes 033 tahun 2012 tentang BTP bahwa:
  • BTP adalah bahan yang ditambahkan untuk mempengaruhi sifat dan bentuk pangan.
  • Dilarang menggunakan BTP untuk tujuan:
    1. menyembunyikan penggunaan bahan yang tidak memenuhi persyaratan;
    2. menyembunyikan cara kerja yang bertentangan dengan cara produksi pangan yang baik untuk pangan; dan/atau
    3. menyembunyikan kerusakan pangan.
Was this helpful?
Kunjungi Kami

Jl. Percetakan Negara No.23,
Jakarta Pusat, 10560

Get Direction
Hubungi Kami

Telp: (+6221) 42875584
Fax: (+6221) 42875780

Email: standarpangan@pom.go.id
Jadwal Konsultasi

Senin - Kamis: 09.00 - 15.30


--------------------------------

Instagram
Facebook
Youtube